Selasa, 01 Mei 2012

3 Kunci Sukses Bekerja Lintas Bidang

Do you want to share?

Do you like this job?

Ditulis oleh Rita Pamilia | 07 April 2012 15:42 WIB
Melamar posisi yang berbeda dengan jenis bidang studi kita saat kuliah memang keputusan yang membutuhkan pertimbangan matang. Tidak hanya karena harus belajar lagi, namun juga bagaimana seseorang mampu mengukur kemampuannya untuk memenuhi deksripsi pekerjaan dari posisi tersebut.

Namun kemudian, tak sedikit kandidat diterima bekerja di posisi yang berbeda dengan bidang studinya. Bingung di awal bekerja itu pasti. Namun kemudian bagaimana caranya agar seseorang masih bisa sukses berada di posisi tersebut?
Berikut tiga tip yang bisa Anda jadikan referensi ketika pada akhirnya Anda bekerja di bidang yang berbeda dari jurusan kuliah Anda dulu.
  • Menjaga semangat belajar
Satu hal penting yang harus Anda tanamkan saat menjajal bidang pekerjaan baru adalah motivasi untuk mau belajar. Bisa dibilang ini merupakan dunia baru di luar jurusan studi yang Anda tekuni selama ini. Untuk mampu mengerjakan deskripsi pekerjaan nantinya, Anda diwajibkan menguasai bidang baru tersebut. “Perusahaan tahunya Anda bisa menyelesaikan pekerjaan,” papar Sri Muliati Abdullah, Staf Ahli Bidang Training and Recruitment ECC UGM
  • Belajar dari siapa saja
Belajar bisa dari siapa saja, mulai dari bawahan, rekan kerja, maupun atasan Anda. “Banyak diskusi dengan senior di bagian tersebut akan lebih banyak membantu,” terang Suhendro, HR Recruitment – Jateng Bank Cimb Niaga. Jangan segan bertanya dan tingkatkan inisiatif. “Belajar itu bisa dari bertanya, mengamati, ataupun otodidak dari buku dan artikel internet,” terang Lia, sapaan akrabnya. Selain teman satu kantor, menggali informasi juga bisa Anda lakukan kepada rekan dari perusahaan lain yang menduduki posisi sama.
  • Meningkatkan interpersonal skill
Mengasah komunikasi interpersonal sangat penting saat Anda menemukan kesulitan dalam melakukan pekerjaan baru. Dengan komunikasi yang baik, tentu saja rekan-rekan di sekitar Anda tidak enggan menawarkan bantuan kepada Anda.
Memang membutuhkan sebuah kerja keras, namun dengan tekad dan motivasi kuat pasti Anda bisa sukses di bidang baru tersebut. Keep confident! ^^ [CN]

Lowongan Kerja Lainnya

0 komentar:

Posting Komentar

Advertisements

Advertisements